Thursday, March 21, 2013

Mau ke Taiwan? Siapkan Visanya Dulu....



Paspor Hijau RI


A : “Musti pake visa gak ke sana?” | B : “Iya pake” | A : “Males ah, mending gue pergi ke negara yang bebas visa aja.

Percakapan di atas mungkin sering kita dengar dari sesama backpacker/traveller atau bahkan kita sendiri yang pernah mengalaminya.  Masalah visa seringkali menjadi halangan atau hambatan bagi seorang traveller yang ingin mengunjungi negara tertentu. Selain masalah biaya juga biasanya tidak mau ribet dihadapkan pada sejumlah persyaratan administrasi untuk mendapatkan visa tersebut.


Sebenarnya mengurus visa itu susah-susah gampang.  Asal kita tahu persyaratan dan mampu memenuhi semua persyaratan yang diwajibkan, tidak ada alasan kedutaan negara yang dituju untuk menolak aplikasi visa yang diajukan. Yang penting kita bisa membuktikan kalau tujuan kita ke negara tersebut benar-benar untuk jalan-jalan bukan untuk mencari kerja apalagi (mungkin) menjadi imigran gelap. Namun kalau sampai visa ditolak, maka kembali pada anekdot para traveller hanya Tuhan dan perwakilan negara tersebut yang tahu mengapa aplikasi visa ditolak.

Taiwan merupakan salah satu negara yang mewajibkan visa untuk mengunjungi negara tersebut bagi pemegang paspor hijau RI. Visa kunjungan (visa turis) tersedia  bagi wisatawan Indonesia yang ingin mengunjungi Taiwan baik Single Entry maupun Multiple Entry. Namun terdapat perkecualian, jika pemegang paspor RI telah memiliki visa negara US, UK, Australia, Canada, New Zealand dan visa tersebut belum expire maka pemegang paspor tersebut tidak perlu mengajukan visa Taiwan jika ingin berkunjung ke negara tersebut.  

Setelah membaca semua persyaratan pengajuan visa kunjungan, dengan percaya diri gue melakukan aplikasi visa kunjungan Taiwan bulan Januari 2013 kemarin padahal tiket pesawat Garuda Jakarta-Taipei pp telah gue beli 10 bulan sebelumnya (emang niat hehehe), jadi kebayang kan kalau sampai gue visa ditolak maka hanguslah itu tiket dan tidak dapat direfund karena tiket promo (kemudian nangis di pojokan).

Nah..apa yang harus dipenuhi jika kita ingin mendapatkan visa kunjungan ke Taiwan ? Persyaratan administrasi pengajuan visa Taiwan dapat dibaca pada website mereka di http://www.roc-taiwan.org/ID/ct.asp?xItem=352484&ctNode=9324&mp=292 yaitu :
  1. Paspor yang masih berlaku minimal 6 bulan sejak tanggal tiba di Taiwan (untuk Single Entry Visa) dan 12 bulan (Multiple Entry Visa). Lampirkan juga paspor lama jika sudah pernah ada sebelumnya.
  1. Mengisi formulir aplikasi secara online https://visawebapp.boca.gov.tw dan setelah lengkap harus dicetak dan ditandatangani oleh pemohon. Semua data-data di formulir ini harus diisi secara benar dan lengkap dan jangan sekali-kali melakukan penipuan informasi karena berakibat permohonan visa akan ditolak. Harap dibaca baik-baik semua pertanyaan yang diajukan dan diisi dengan benar karena setelah disubmit data-data tidak bisa direvisi/diedit kembali karena sudah masuk ke Imigrasi Taiwan.
  1. Pas foto ukuran 4x6 sebanyak 2 lembar dengan latar belakang foto warna putih (terdengar aneh memang latar warna putih, biasanya kebanyakan minta latar merah atau biru hehehe) dengan muka tampak jelas Untuk urusan foto, bagi yang berdomisili di Jakarta bisa datang ke daerah Sabang di Jakarta Pusat karena di sana banyak studio foto yang berjejer dan mereka tahu semua ukuran foto untuk visa semua negara. Jadi kita tinggal sebut saja ukuran foto dan visa negara mana mereka langsung mengerti.
  1. Surat keterangan atau sponsor dari kantor tempat pemohon bekerja yang ditandatangani oleh HRD Manajer/atasan langsung atau surat keterangan dari sekolah/kampus bagi pelajar/mahasiswa. Surat keterangan ini (khusus karyawan) menyatakan bahwa pemohon benar karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut dan tujuan ke Taiwan hanya untuk jalan-jalan bukan untuk mencari kerja. Hal ini bisa dimaklumi karena banyak warga RI yang bekerja sebagai TKI di sana dan Taiwan ingin memastikan bahwa pemohon bukan pencari kerja ilegal di negara mereka.
  1. Foto kopi kartu keluarga & KTP.
  1. Foto kopi rekening tabungan dari halaman muka sampai halaman saldo terakhir. Sebenarnya tidak disebutkan secara detail berapa saldo yang harus ada di rekening tabungan tersebut namun pihak perwakilan Taiwan ingin melihat bahwa arus kas keluar masuk rekening tersebut aktif dan kita memiliki saldo yang cukup sebagai biaya hidup selama kita berada di Taiwan.  Untuk rekening tabungan gue melampirkan tabungan Bank Mandiri.
Keren gak fotonya? #SalahFokus

Fotokopi tiket pesawat pp,  Itinerary selama di Taiwan dan bukti booking hotel tidak diminta, namun sebaiknya booking hotel dilakukan terlebih dahulu karena pada saat pengisian formulir aplikasi akan ditanya tempat tinggal selama di Taiwan. Tidak ada sesi wawancara untuk pengajuan visa Taiwan ini.

Setelah semua persyaratan dan dokumen yang diminta lengkap kita bisa mengajukan aplikasi visa tersebut dengan datang langsung atau melalui jasa travel agent. Karena negara Indonesia menganut sistem One China policy yaitu hanya mengakui negara Cina daratan sehingga antara Indonesia dan Taiwan tidak terdapat hubungan diplomatik sehingga baik Taiwan maupun Indonesia tidak memiliki kedutaan besar di masing-masing negara. Hubungan antar kedua negara dilakukan di tingkat ekonomi melalui perwakilan dagang masing-masing negara.

Di mana kita dapat mengajukan aplikasi visa Taiwan? Untuk melakukan aplikasi langsung, pemohon bisa mengajukannya ke Kantor Perdagangan dan Ekonomi Taipei (Taipei Economic and Trade Office/TETO) di Gedung Artha Graha lantai 17, Jln.Jend. Sudirman kav 52-53 Jakarta Selatan Tlp. 5151111. Pengurusan dapat dilakukan setiap hari kerja Senin s/d Jumat jam 08.30-11.30 (untuk aplikasi) dan jam 13.30-16.00 (pengambilan visa).

Karena gue tidak punya banyak waktu untuk datang langsung maka gue menggunakan jasa travel agent yaitu Bayu Buana Travel and Service http://www.bayubuanatravel.com/asia yang kantornya beralamat di Jln.Ir.H. Juanda No. 2A Jakarta Pusat Telp 23509999.  Kelengkapan dokumen akan diambil ke kantor oleh kurir Bayu Buana apabila kita bekerja dan bila visa kita disetujui, paspor akan diantar kembali ke kantor.

Berapa biaya yang harus dibayarkan untuk mengurus visa Taiwan ? Jika kita mengurus langsung ke TETO biaya visa Single Entry adalah Rp 460,000 dan Rp 920,000 untuk visa Multiple Entry. Namun jika kita melakukan aplikasi melalui Bayu Buana biaya yang dikenakan untuk visa   sebesar Rp 525,000 (+1% tax). Bagi karyawan kantor yang tidak mempunyai banyak waktu  untuk datang ke kantor Bayu Buana biaya tersebut tidak terlalu mahal apalagi semua dokumen bisa diambil ke kantor oleh kurir.

Setelah  4 hari kerja gue mendapat telepon dari Bayu Buana  yang memberitahukan  permohonan visa gue disetujui dan akan diantar keesokan harinya. Aaah....betapa senangnya karena aplikasi visa disetujui merupakan salah satu kebahagiaan terbesar bagi seorang backpacker selain mendapat tiket pesawat promo yang super murah dan mendapatkan hostel dengan harga miring (versi gue hehehe).

Sticker "Sakti" itu bernama visa
Saatnya merealisasikan mimpi menginjak Taiwan menjadi kenyataan.............

245 comments:

  1. Emng harus ada keterangan kantor ya??Kali blum kerja gim?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bagi yang bekerja harus melampirkan surat sponsor dari perusahaan tempat dia bekerja dan bagi yang berstatus mahasiswa harus melampirkan surat keterangan dari universitas yang menyatakan bahwa ybs benar-benar mahasiswa yang kuliah di universitas tersebut.

      Delete
    2. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
    3. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
    4. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
    5. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
    6. Sekilas info sedikit: Hari ini, Senin 30 November 2015 sy Apply Visa ke Taiwan utk kunjungi istri sy, yg adalah Warga Negara sana, Harga Visa telah berubah menjadi $50 = Rp.650.000,- (Enam Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah)

      Delete
    7. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
    8. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  2. .... jika pemegang paspor RI telah memiliki visa negara US, UK, Australia, Canada, New Zealand dan visa tersebut belum expire maka pemegang paspor tersebut tidak perlu mengajukan visa Taiwan jika ingin berkunjung ke negara tersebut....

    itu masih berlaku ga yah??? ko gw cari ga ketemu yah, bisa minta link buat pernyataan itu ga??? ^^
    visa uk nya mesti yang resident di uk ato boleh visa turis biasa??

    tolong jawab ASAP yah, soal nya kalo bisa, gw mau apply visa uk secepat nya. makasi...

    ReplyDelete
  3. maap, da nemu. boleh buat pemegang visa eu juga ternyata. makasih..

    ReplyDelete
  4. Bisa ga ya dari Taiwan masuk ke negara Hongkong? Apakah harus ada visa atau tidak? Makasih ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sejauh ada tiketnya yah bisa ajah hehehe pemegang paspor RI gak butuh visa kok untuk masuk Hongkong selama 30 hari.

      Delete
    2. Sekali pun itu TKI yg masi dlm masa krj di Taiwan, tp mengajukan cuti, jg gak butuh visa kah?

      Delete
  5. klo ga kerja di perusahaan dan ga kuliah ,gmana bro?/thank infonya,,ngebet banget pngen liat sono ,,hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf yang Anda maksud ga kerja di perusahaan itu Anda usaha sendiri dalam arti wirausaha gitu? kalau ia dalam pengajuan permohonan visa Anda harus melampirkan SIUP dan surat pernyataan bahwa Anda melakukan usaha sendiri dan tidak bekerja pada pihak lain.

      Delete
  6. Saya sebelumnya sudah peernah ke sana,tapi saya kabur cari pekerjaan baru.
    Rencana pengin kesana lagi bisa ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sejauh Anda tidak bermasalah di kunjungan sebelumnya sudah tentu bisa kecuali sebelumnya mungkin Anda masuk secara ilegal, visa turis digunakan utk bekerja, overstayed dll mungkin agak berat utk mengajukan visa kembali.

      Delete
    2. maaf pak.. saya antan kaburan 2013 dan pulang tahun lalu , kira2 1 tahun saya kabur dan menyerah kan diri.. apa bisa saya kembali lagi bekerja di taiwan sebagai TKI ,.. dan butuh berapa lama agar bisa masuk ke taiwan lagi.. maksih

      Delete
    3. maaf pak.. saya antan kaburan 2013 dan pulang tahun lalu , kira2 1 tahun saya kabur dan menyerah kan diri.. apa bisa saya kembali lagi bekerja di taiwan sebagai TKI ,.. dan butuh berapa lama agar bisa masuk ke taiwan lagi.. maksih

      Delete
  7. info donk,saya rencana mau minta visa ke taiwan,tapi rencana perjalanan saya mau mulai dari hong kong-macau baru ke taiwan.tp saya dpt info/dengar2 katanya klu mau dari hk ke taiwan agak susah,apa benar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya sebelum berangkat ke Hongkong Anda mengurus Visa Taiwan terlebih dahulu di Jakarta dan saya rasa tidak ada masalah jika Anda masuk ke Taiwan melalui Hongkong sejauh sudah mengantongi Visa Taiwan.

      Delete
    2. Saya punya VISA Amerika, tapi di paspor biru (paspor dinas), sementara kalo ke Taiwan harus paspor hijau, ViSa US yg di paspor biru biru gak yah berlaku untuk VISA Taiwan ?

      Delete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. mas saya mau ke taiwan tgl 13-17 ini. tapi pas ngisi data online yg di https://visawebapp.boca.gov.tw/BOCA_MRVWeb/subroot/MRV01FORM.action page ke 2 dia minta "DETAILS OF YOUR CONTACT IN TAIWAN (FAMILY, FRIEND, COMPANY OR SCHOOL)". dan itu harus diisi. itu bagai mana y mas? soalny klw mau liburan kn cmn tau alamat hotelnya. masa iya klw mau liburan ketaiwan harus punya saudara atau teman. soalny klw bagian itu tidak diisi saya tidak bisa menekan tombol next utk pengisian data berikutnta. kira2 waktu mas ngisi yg online itu gemna y? mohon bantuannya. terimakasih banyak..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tidak ada diisi saja dengan N/A atau tanda titik (.)yang penting harus diisi dengan tanda karakter karena kalau dikosongkan kita tidak bisa pindah ke halaman selanjutnya. Semoga berhasil.

      Delete
  10. Maaf mau numpang tnya,,, saya seorang tkw ditaiwan, terus rncna bln depan saya mau diajak si majikan ke cina njenguk keluarganya dan disana selama 40 hari. Yg ingin saya tanyakan apakah boleh dr taiwan masuk kecina.... bingung......!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru sempat balas karena baru kembali dari trip ke Philippine.
      Yg ingin saya tanyakan apakah boleh dr taiwan masuk kecina.... bingung......!! ---> mengapa tidak boleh, sudah pasti boleh kok :) yang penting Anda harus siapkan visanya dulu (visa turis)sebelum masuk ke China. Untuk mengurus visanya saya tidak tahu persis apakah ada perwakilan China di Taiwan karena ini isu sensitif (China menganggap Taiwan masih menjadi wilayah mereka). Untuk jelasnya mungkin Anda bisa menghubungi perwakilan Indonesia di Taipei.

      Delete
  11. maap mau tnya,kira" kl saya pasport turis tp pergi sendiri niat nya mau kerja ilegal dsana,kira" bs lolos ga pas di tnya petugas imigrasi nya di badara?ktanya petugas imigrasi d bandara nya bnyak bertanya apa kah itu benar?soalnya saya ga bs bhs mandarin dan ingris tp sudah ada teman disana yg mengajak,thk

    ReplyDelete
  12. waduh...mending jangan ambil resiko bos. Kalau emang mau kerja di sana ikutlah sesuai prosedur urus visa kerja. Jangan sekali2 ilegal. Selain mencelakakan diri kita sendiri kan jadinya memalukan bangsa dan negara kita hehehe apalagi Anda mengatakan kemampuan Bahasa Inggris dan Mandarin Anda kurang karena hampir sebagian besar di sana menggunakan Mandarin dan sebagian lagi Inggris. Jadi mending pikir2 dulu yah jangan sekali kali ilegal :)

    ReplyDelete
  13. berapa semua biaya pembuatan visa? SAYA MENDAPAT INFORMASI BIAYA VISA HINGGA 9JT

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh...Visa USA aja sampe segitu mahal bos hehehe Biayanya sendiri ada saya jelaskan di atas kok. Nih saya copas lagi yah :
      Berapa biaya yang harus dibayarkan untuk mengurus visa Taiwan ? Jika kita mengurus langsung ke TETO biaya visa Single Entry adalah Rp 460,000 dan Rp 920,000 untuk visa Multiple Entry. Namun jika kita melakukan aplikasi melalui Bayu Buana biaya yang dikenakan untuk visa sebesar Rp 525,000 (+1% tax). Bagi karyawan kantor yang tidak mempunyai banyak waktu untuk datang ke kantor Bayu Buana biaya tersebut tidak terlalu mahal apalagi semua dokumen bisa diambil ke kantor oleh kurir.

      Delete
  14. Mau tanya dong, kalo penerbangan dari Seoul ke Singapur tapi transit dulu di Taipei kurang dari 2 jam, harus buat visa juga atau ga? Airlinenya sih gak ganti. Makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo hanya transit dan tidak keluar airport (tidak melewati imigrasi) tidak perlu visa karena akan diarahkan langsung ke ruang transit.

      Delete
  15. mas saya mau tanya waktu isi data online utk visa di halaman pertama kan ada tulisan address and telephone in taiwan. ini maksudnya alamat saya sebagai pelamar visa atau gimana ya? karena saya bingung. ayah saya memang tinggal disana tapi itu juga karena kantor. apa saya isi alamat ayah saya? tapi kan tetep saya gak punya tempat tinggal disana. saya takut salah isi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Address and telephone no in Taiwan adalah alamat selama Anda tinggal di Taiwan. Kalau tinggal di Hotel sebutkan nama hotel, alamat serta no telpnya. Kalau memang Ayah Anda punya tempat tinggal permanen di sana maka tinggal cantumkan alamatnya. Semoga membantu

      Delete
  16. mas saya mau berkunjung ke taiwan apakah saya harus cek body kesehatan dulu ke dokter..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berkunjung ke Taiwan dalam rangka apa nih? wisata? sekolah? atau kerja? kalau untuk tujuan wisata tidak perlu cek kesehatan karenamemang tidak disyaratkan. Tapi kalau untuk tujuan sekolah atau bekerja saya tidak tahu persis apakah harus cek kesehetan atau tidak. Mungkin bisa ditanyakan ke agent yang mengurus sekolah/urusan kerja Anda.

      Delete
  17. halo mas, saya mau tanya. saya punya visa schengen berlaku 12 okt-1 nov. saya akan ke eropa dgn rute saya tgl 12 berangkat dan transit di taiwan lalu tgl 18 sampai di taiwan lg dr eropa dan tgl 20 kembali jakarta.

    untuk masuk taiwan saya pakai visa online tapi saya tidak mengerti pertanyaan dari 'visa belum terpakai sebelum berkunjung ke taiwan' dgn pilihan ya atau tidak.

    saya tgl 12 transit tapi benar2 stay taiwan tgl 18. jd visa online saya sebenernya sudah terpakai di tgl 12 itu bagaimana ya mas? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga mas/mbak Anonymous :)
      Saya coba jawab yah...Pemegang visa Schengen diberi perkecualian tidak memerlukan visa jika ingin masuk ke Taiwan untuk tujuan wisata sejauh visa tersebut masih valid dan belum expire. Namun tetap harus mengajukan permohonan secara online utk perkecualian tersebut.Nah tgl 12 itu kan Anda hanya untuk keperluan transit di bandara utk melanjutkan penerbangan menuju Eropa dalam arti tidak masuk wilayah Taiwan (tdk melewati imigrasi). Berarti visa anda belum terpakai dan akan terpakai tgl 18 nantinya. Hal itu tidak menjadi masalah karena visa tersebut tanggal 01 Nov nanti. Namun untuk lebih jelasnya saya sarankan Anda agar menghubungi TETO Office di Jakarta agar informasinya tidak salah. Semoga membantu.

      Delete
  18. mas saya mau tanya , setelah kerja di taiwan selesai kontrak nya , apakah bisa langsung ke Hongkong atau Macau untuk kerja disana? apakah kesana urus Visa lagi ?apakah boleh ke HK ato Macau sebelum pulang ke Indonesia dulu .. thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya Anda harus pulang ke Indonesia dulu setelah masa kontrak Anda berakhir dan mengurus visa kerja baru untuk bekerja ke Hongkong/Macau. Kecuali kalau ke Hongkong/Macau hanya untuk tujuan wisata Anda bisa langsung berangkat.

      Delete
  19. hallo numpang tanya....aku dulu pernah ke taiwan jadi TKW selama 2blan tapi karna gakbetah ak kbur dari mjikan dan bilang ma agen pengen pindah majikan....takada tanda atau cap merah di pasporku se bagai tanda aaku pulang buka dengan cara ilegal...trus bossku lama mau ambil ak untuk kerja disana lgi...kesana lagi lewat agen lain...tapi visaku ditolak...dan sekang kalo ku pngen kesana untuk visa turis kira kira visaku bisa lolos gak ya.timakasih untuk perhatiannyar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh mbak, saya bukan dalam kapasitas untuk menentukan visa mbak bisa lolos atau tidak hehehe, tapi tidak ada salahnya mbak mencoba lagi untuk mengajukan visa turis asal ke sana benar-benar untuk wisata dan bukan untuk bekerja. Tapi melihat dari kasus sebelumnya permohonan visa mbak pernah ditolak mungkin mereka akan memberi "tanda khusus". Yang penting mbak tdk menyalahgunakan visa tersebut, mengajukan visa turis namun nanti di Taiwan ternyata bekerja.Wah bisa berabe mbak.... :)

      Delete
    2. mas mau tanya
      saya posisi dipalembang. apa bisa pengurusan visa nya melalui agen traveler yg anda sebutkan ? tanpa harus saya kejakarta ?

      kalau urus visa dulu baru tiket nya kira kira bisa gak mas ?

      makasih sebelum nya

      Delete
    3. Hai zack tentu saja bisa melalui travel agent yang disebutkan tapi kalau boleh saya sarankan kalau Anda berada di luar Jakarta lebih baik menggunakan jasa travel agent di kota domisili Anda agar resiko kehilangan paspor pada saat pengiriman bisa diminimalisir. Untuk di Palembang mungkin Anda bisa melalui Carmeta Tour and Travel.

      Delete
    4. Iyaa, sama nihh kejadianya. Tp aq blm pernah ngajuin paspor lg semenjak plg dr taiwan 2thn yg lalu. Rencananya pingin ke taiwan lg pke visa turis.. Bisa gak ya kira2. Takutnya masih di blacklist gt.

      Delete
  20. Mas, mau tanya, kalo saya bikin visa Taiwan sekarang, tapi belum pasti akan ke sana kapan (yang pasti dalam jangka waktu 6 bulan ke depan), apakah bisa?
    Atau harus menentukan tanggal pastinya dulu, baru bisa mengajukan pembuatan visa?
    Terima kasih banyak.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa musti buru-buru mengajukan mas/mbak?rugi...karena keburu expired. Masa berlaku visa hanya 3 bulan sejak dikeluarkan. Jadi kalau diajukan sekarang dan disetujui, visa tersebut hanya berlaku sampai 3 bulan ke depan saja. Lebih baik ditentukan tanggal pasti berangkatnya baru visa diajukan. Semoga membantu.

      Delete
  21. Mas,,, maw Tanya!
    Saya sdah 2th krja d HoNgkong
    Rencana blan depan lebaran China maw liburan ke Taiwan sendiri tanpa majikan!
    Bisa tidak?
    Dan APA saja persyaratan untuK kesana?
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk liburan Anda bisa berangkat sendiri. Persyaratan yah yang umum-umum saja : punya tiket pp, mengajukan visa turis, punya tempat tinggal selama di Taiwan (hotel atau menumpang di tempat teman/keluarga) dan punya dana yang cukup selama berada di Taiwan untuk kebutuhan hidup. Semoga membantu.

      Delete
  22. mas mw tnya ke hongkong pake visa gakk????mkasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ke Hongkong bebas visa selama 30 hari bagi pemegang paspor RI.

      Delete
    2. bleh ksih tau travel agent buat ke hongkong??

      Delete
  23. mas kalo kita seorang wiraswasta/ usaha sendiri ato seorang petani itu gm mas?
    thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo Anda seorang wiraswasta/usaha sendiri tidak masalah. Tinggal buat surat keterangan yang menyatakan bahwa Anda sebagai pemilik usaha tersebut di atas kop letter+stempel perusahaan. Akan lebih baik lagi kalau dilampirkan juga dengan SIUP (kalau punya).

      Delete
  24. Mas mau nanya
    saya sekarang kerja jadi TKI di taiwan
    paspor saya masih aktif 2 tahun kedepan
    rencana bln 3 finis pulang indo
    sekitar satu minggunan saya pengen wisata ke taiwan
    pertanyaan saya>>>
    1 paspor Tki saya bisakah untuk paspor turis?
    2 tuk permohonan visa turis nanti,,,bisakah saya mengajukan di KDEI taipei?..[red: tuk mempermudah dr pada ribet mengajukan di indo nanti]..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf saya sendiri kurang paham apakah TKI yang bekerja di luar negeri mempunyai paspor khusus, bukannya paspor hijau biasa seperti turis lainnya? kalau memang paspor hijau biasa sudah tentu pasti bisa dipakai untuk bepergian layaknya turis.
      Wisata 1 mingguan di Taiwan tersebut dilakukan sebelum pulang ke Indo bulan 3 nanti atau setelah pulang ke Indo? jika sblum pulang ke Indo tentunya Anda tidak butuh visa karena status Anda sedang bekerja di sana sudah pasti Anda bebas leluasa untuk bepergian di dalam negeri Taiwan. Lain halnya jika wisata tersebut dilakukan setelah pulang ke Indo maka membutuhkan visa dan pengurusannya dilakukan setelah Anda pulang ke Indo.

      Delete
  25. saya mau tanya
    ku kerja di korea mau pulang ke indonesia,tapi pengen transint di taiwan 2~3 hari kira kira pake visa gak,terimakasih

    ReplyDelete
  26. hello....mas sy mau tanya, sy mau jln2 ketaiwan 15 hari, tp surat keterangan kerja sy menerangkan klu saya udah resign dan sdh tidak berkerja selama 3 bln, dan untuk regkening bank saya pakai reg pacar sy yg kebetulan orang taiwan....kira2 visa sy di tolak nggak klu sy pakai surat keterangan resign tersebut. mohon jawabannya trimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Elyn saya coba bantu jawab yah. Surat keterangan kerja yang menerangkan Anda sudah sudah resign justru akan mempersulit untuk mendapatkan visa karena pihak negara yang dituju justru khawatir Anda akan mencari kerja di sana secara ilegal karena status jobless Anda sekarang.
      Untuk rekening bank tidak bisa menggunakan rekening bank orang lain melainkan harus menggunakan rekening bank milik sendiri dan itupun dilihat arus keluar masuk dananya apakah ada dana "mendadak" yang tiba-tiba masuk dgn jumlah yang besar, bisa ajah itu sifatnya "dana pinjaman".

      Delete
  27. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Endah dan Wiwid orang yang samakah? kok didelete hehehe

      Delete
    2. hehehehe .... soalnya mau nanya yang lebih banyak lagi :-)
      Jadi gimana mas? ada informasi kah yang bisa dishare ke saya?
      thank you in advance ;-)

      Delete
  28. Halo mas, saya Wiwid. Rencananya saya mau berkunjung ke Taiwan untuk wisata sekitar pertengahan Juni selama 5 hari. Saat ini saya masih bekerja di sebuah perusahaan (alhamdulillaah) jadi memungkinkan saya untuk mendapatkan surat rekomendasi dari kantor.
    Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan mengenai pembuatan Visa Taiwan:
    1. Apakah mas mengetahui berapa saldo minimal yang diperlukan (semoga mas mendapat bocoran hehe). dan apakah saldo tersebut boleh berasal dari gabungan beberapa tabungan.

    2. Kebetulan saya baru saja mencairkan dana tunai saya dari sebuah perusahaan asuransi, apakah dana tersebut bisa dikategorikan sebagai dana 'mendadak' yang sifatnya 'dana pinjaman'?

    3. Apakah akan lebih susah bagi perempuan yang belum menikah untuk mendapatkan visa Taiwan? Karena bisa jadi kita diasumsikan warga negara Indonesia yang akan jadi TKW di sana?

    4. Kapan kira2 waktu terbaik saya mengajukan permohonan visa ini. Awal Mei kah?

    Terima kasih mas, doakan saya yaa

    Salam,

    Wiwid

    Te

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Wid,
      1. Masalah saldo memang pihak perwakilan negara bersangkutan tidak pernah mematok saldonya harus berapa, yang penting mencukupi untuk biaya hidup selama berada di Taiwan dan arus "masuk" dan "keluar" dananya wajar. Saldo harus dari satu rekening saja dan tidak boleh dari gabungan beberapa rekening.

      2. Penambahan saldo yang mendadak apalagi dalam jumlah yang besar memang riskan karena akan dianggap sebagai "drop dana' untuk menggelembungkan saldo tabungan.

      3. Perempuan yang belum menikah memang akan mendapat "perhatian" serius saat mengajukan visa ke Taiwan karena dikhawatirkan akan bekerja secara ilegal di sana atau akan menikah dengan pria lokal. Tapi selama syarat-syaratnya dipenuhi dan Anda bisa meyakinkan kepada mereka kalau setelah wisata Anda akan kembali ke Indonesia rasanya visa tidak akan sulit didapat kok :)

      4. Proses visa memerlukan waktu 5-7 hari kerja jadi Anda bisa mengatur sendiri kapan waktu yang tepat untuk mengajukannya. Sebaiknya jangan terlalu mepet dengan tanggal keberangkatan (2-3 minggu).

      Semoga Membantu.
      Salam,

      Delete
    2. Hi Mas, thank you info nya. Sangat membantu :-)

      Salam,

      Wiwid

      Delete
    3. Hi Mas,

      Visa saya diapproveeeeeddd ... horraayy. Saya baru terima paspor saya hari ini heheheh

      Thanks infonya :-)

      Salam,

      Delete
  29. halo mas,,saya ayu,,saya seorang tkw ditaiwan,,bulan 12 ini saya finish kontrak,,bos saya menganjurkan untuk kembali lagi ke taiwan tapi menggunakan visa tourist,,kira2 visa tourist berlaku berapa bulan y,,sampe 6 bulan gx,,sebelumnya makasih

    ReplyDelete
  30. Hai Ayu, Sebaiknya Anda ikut aturan mainnya. Visa turis yah untuk jalan-jalan. Kalo mau bekerja sebaiknya bikin visa kerja. Visa turis hanya berlaku untuk 30 hari saja. Nah..Anda gak mau kan kerja sambil deg-degan, karena kalau sampai kena razia dan ketahuan Anda bisa dideportasi dan terancam tidak bisa masuk Taiwan lagi selama beberapa tahun. Kan kita bawa nama bangsa dan negara ke sana, jadi jangan sampai malu-maluin negara kita yah dengan bekerja menggunakan visa turis karena akan berdampak nantinya visa ke Taiwan akan semakin sulit kalau mereka menemukan banyak kasus seperti ini. Jadi mohon jangan diikuti anjuran bos Anda.

    ReplyDelete
  31. Maz saya dihongkong mau liburan ketaiwan bisa g..apa jg harus ngurus visa turis ketaiwan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu bisa kenapa tidak dan yang pasti selama Anda pemegang pasor RI tetap harus mengurus visa untuk masuk ke Taiwan.

      Delete
  32. Mas mau tanya nich,
    saya 9bln yg lalu prnh bkerja dtaiwan,krn mjkn saya jhat saya kabur,stlh 6thn saya menyerahkan diri utk pulang ke Indonesia,dan saya bru tahu dari pihak imigrasi mengatakan kpd saya sbnarnya ejen dan mjkn saya tdk prnh melaporkan klu saya kabur,krn dkantor imigrasi tdk ada catatan saya dari pihak ejen maupun majikan yg melapor,
    Kira-kira klu saya ingin mengajukan visa turis bisa Nggak iya mas?
    Mhon jwbn'y,
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya agak bingung dengan periode waktunya, katanya 9 bln yg lalu pernah bekerja di Taiwan tapi setelah itu 6 thn kemudian Anda pulang ke Indonesia (??). Tentu saja Anda bisa mengajukan visa turis mengapa tidak, namun disetujui atau tidak tergantung track record Anda di keimigrasian Taiwan.

      Delete
  33. Maaf maksud saya,saya plg ke Indonesia udah 9bln,dan dlu bkrja selama 6th dtaiwan,
    yang ingin saya tanyakan kira" ad msalah G ea mas,,??
    Mkch..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya Anda coba apply dulu karena saya sendiri tidak mengetahui persis bermasalah atau tidak :)

      Delete
  34. mas mau tanya :) ,
    Saya Yuni, bulan Juli mau ke taiwan. Dari segala persyaratan yg diminta bikin visa taiwan, sy cuma gak ada surat sponsor aja soalnya sy freelancer (kerja sendiri dan gak punya kantor).
    Nah di bulan Juni, saya ada visa china karena Sy ke Shenzhen n guangzhou, kira2 masalah surat keterangan kerja itu bagaimana ya diakalinya?..
    Tadi udah tanya travel agent katanya pasti ditanya surat sponsor itu.. thx b4

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau memang Anda sebagai freelancer sebaiknya dibuat surat keterangan yang menyatakan bahwa Anda sebagai seorang freelancer dan tjuan Anda ke Taiwan hanya untuk jalan-jalan bukan untuk mencari kerja. Saya sarankan agar saldo tabungan Anda mencukupi untuk meyakinkan mereka secara finansial Anda kuat dan mampu sebagai jaminan biaya hidup di Taiwan kelak. Saya tidak menyarankan untuk mengakalinya dengan cara yang tidak benar karena kejujuran mutlak diperlukan dalam pengajuan visa.

      Delete
    2. thanks mas buat infonya. Saya tadi juga sudah crosscheck dengan travel agent yg mengurus visa, mereka sudah tanya kedutaan. katanya buat saja surat keterangan dalam bahasa Eng yang mengatakan saya freelancer.

      Delete
  35. Hallo mas,saya pny pertanyaan nih, kebetulan saya menikah dgn org taiwan, saya ingin mengajak adik kandung saya, beserta anaknya,kebetulan adik saya ibu rmh tangga, gmn untuk melengkapi persyaratan yg diharuskan mempunyai surat keterangan dari kantor atau sponsor?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dibuat Surat Keterangan yang ditandatangani oleh suami Anda yang warga negara Taiwan itu yang menyatakan bahwa suami Anda yang menjamin adik Anda dan menjadi sponsor baginya untuk datang ke Taiwan sebagai turis dan sebagai penjamin semua biaya selama adik Anda berada di Taiwan. Jangan lupa disebutkan bahwa adik Anda ke Taiwan tujuannya hanya untuk jalan-jalan dan tidak untuk mencari kerja atau menikah dan setelah selesai jalan-jalan akan kembali ke Indonesia. Semoga membantu. Terima kasih.

      Delete
    2. Makasih mas atas jawabannya.

      Delete
  36. Halo mas, mau nanya. Apakah pengurusan visa Taiwan boleh diwakilkan oleh orang lain (kakak atau adik kandung)? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengurusan bisa diwakilkan oleh pihak lain sejauh syarat-syarat kelengkapan data dipenuhi.

      Delete
  37. Mas mau tanya saya skarang posisi kerja di taiwan n mau pulang ke indo blan 11 bsok.klo misalnya sya mampir dlu ke malaysia barang seminggu apa bisa? Kan visa saya taiwan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tujuannya hanya untuk wisata yah bisa-bisa ajah karena ke Malaysia kan tidak butuh visa turis alias free.

      Delete
  38. Mas maaf slain visa yg disiapkan apa lg ya?

    Bln okt bsk sy da rencana ksana buat nemuin pcar sya, cm 2hri sih

    Cz sy awam bgt n sy difabel yg modal nekat -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selain visa ya tentunya uang untuk biaya hidup di sana hehehe. Jangan khawatir Taiwan nyaman kok untuk dikunjungi dan masyarakatnya pun baik-baik. Enjoy Taiwan!

      Delete
    2. Hehe klo uang mah pasti mas hahaha

      Oy di bandara taiwan ada obat2an tertentu yg d larang ga ya?

      Soalny saya suka bawa obat bab sperti loperamide buat jga2 klo2 perut sy mules hhe

      Delete
    3. Saya rasa kalau obat-obatan yang dijual bebas tidak ada masalah karena saya pun selau membawa obat ringan seperti panadol dan obat diare utk mengantisipasi kalau terjadi gangguan pada perut saat kuliner di negara tujuan :)

      Delete
  39. Mohon info mas, kalo saldo cuma 35jt Kira2 visa di approve ga yah buat liburan seminggu disana?
    Terima kasih banyak sebelumnya :)

    Laila

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pihak perwakilan Taiwan memang tidak menyebutkan saldo minimal yang harus tersedia di rekening namun biasanya dipake parameter saldo tersebut cukup untuk membiayai kehidupan Anda selama berada di taiwan dan tidak berniat untuk mencari kerja di sana. Kalo melihat dari segi jumlahnya saya rasa sudah cukup dan seharusnya tidak ada masalah. Semoga membantu.

      Delete
  40. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  41. Bro .. bs bntu bikinin visa twn gk... krn bln 4 kmrn visa twn sya di tolak.. padahal saya ikut tour

    ReplyDelete
  42. mas mhon infonya donk,

    ReplyDelete
  43. sya ingin sekali ke taiwan pkai visa kunjung tapi saat ini saya masih pnya paspor dg visa kerja sdh hbis kntrak bln 3 kmrn,yg jd pertanyaan saya jg mnta solusinya gmn caranya spy saya bisa mengurus visa kunjung,paspor kerja saya bisa gak ya di teruskan jd paspor umum karena paspor saya msh berlaku,mksh sya tggu mas jwbnnya

    ReplyDelete
  44. mas bro mnta solusinya donk,sya mhon di bntu nich,saya mau k twn pkai visa kunjung sblmnya saya sdh pernh ketwn dg visa kerja,paspor saya jg msh berlaku hngga thn2016,bisa gak ya mas paspor saya di teruskan atw di rbh menjd paspor umum,dan kira2 jmlh saldo 50jt sdh bisa blm buat pengajuan visa ke twn,saya hanya seorang wiraswasta,syarat apa saja yg hrus sya penuhi spy sy bisa pergi ke twn dg visa kunjung,mksh saya tngg jwbnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf mas saya kurang paham masalah ini, karena sayapun baru tahu kalau untuk kerja ada paspornya karena saya pikir jenis paspor itu hanya ada paspor umum dan paspor diplomatik saja (+ paspor haji khusus yg ingin menunaikan ibadah haji dan itupun sudah dihapuskan).

      Delete
  45. Mas mau tanya , ibu saya kan tki di taiwan , lali saya akan mengunjungi beliau tahun depan . Di persyaratan disebutkan harus melampirkan rekening tabungan , sedangkan saya tidak mempunyai rekening tabungan sendiri karena masih SMA . apa bisa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo anda tidak punya rekening tabungan sendiri, silahkan lampirkan rekening tabungan orang tua Anda.

      Delete
  46. Mas mo nanya, ibu saya menikah dengan orang taiwan dan tinggal di taiwan kalo saya ingin mengunjungi ibu saya bagaimana caranya sedangkan saya baru selesai kuliah dan belum bekerja terus syaratnya apa saja? trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anda bisa meminta Ibu Anda untuk membuat surat pernyataan yang menyatakan bahwa ibu Anda yang menanggung semua biaya Anda selama berada di Taiwan kalau memang Anda belum bekerja dan lampirkan juga rekening tabungan Anda.

      Delete
  47. Sore mas, saya mau nanya.. Visa bunda saya untuk ke taiwan ditolak, apakah bisa mengajukan permohonan visa lagi? Dan bagaimana prosesnya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Visa yang pernah ditolak pengajuannya tentu saja bisa diajukan kembali dan prosesnya harus diulang lagi dari awal dengan melengkapi persyaratan yang telah ditentukan. Setiap negara punya masa tenggang berbeda-beda, ada yang 3 bulan setelahnya baru boleh mengajukan kembali, ada juga yang 6 bulan. Untuk Taiwan saya tidak tahu persis sebaiknya Anda menghubungi kantor Kadin Taiwan secara langsung di Gedung Artha Graha SCBD Jakarta.

      Delete
  48. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  49. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  50. Mantan tki Taiwan, apa bisa wisata ke Taiwan, Dan mengurus visa tourists, apa di persulit? Dan rnca 2 mggu, brp saldo minimal? Pasport saya Masih berlaku 2 thn, apa sy hrs gnti yg baru? Sy di rumah Msh 6bln,
    Saya dengar " menuggu 2thn, baru blh wisata ke Taiwan? Apa bnr itu ?

    ReplyDelete
  51. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  52. Met sore mas saya mau nany jika saya mantan TKI hongkong dan pernah di blacklist ap mungkin saya bisa berkunjung ke negara tersebut untuk sekedar holiday tau meraya kan hari ulang tahun disna apakah harus bikin visa taiwan jga thankz

    ReplyDelete
  53. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  54. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  55. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  56. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  57. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  58. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  59. selamat sore... maaf... saya ingin bertanya... saya coba isi aplikasi visa online... tapi saya lupa temporary no yang harusnya disimpan untuk melanjutkan pengisian apliaksi online tsb... apakah hal tersebut bermasalah kalau saya isi lagi yang baru? terimakasih atas sarannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya rasa tidak ada masalah diulang pengisiannya sejauh Anda belum submit aplikasi onlinenya.

      Delete
    2. oke... terimakasih mas atas sarannya :D

      Delete
  60. Mas saya tki di malaysia, kalo mau ke taiwan dari malaysia ap perlu visa juga mas, soalnya wakty kemari ke singapore gk pake visa mas, mhon peenerangan nya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk bepergian ke Taiwan tetap dibutuhkan visa mas. Kalau ke Singapore paspor RI memang bebas visa.

      Delete
  61. Terus buat visanya klo d malaysia bisa gk di kedutaan mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Tinggal cari perwakilan Taiwan di Kuala Lumpur dan mengurus visanya di situ.

      Delete
  62. mohon info, anak saya masih kuliah di china, bulan ini akan liburan pulang ke indonesia dan balik bulan september, masa berlaku visa sampe akhir oktober,
    mohon info apa saja yang harus disiapkan berkaitan dengan dokumen imigrasinya
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf Bapak/Ibu saya tidak mempunyai info untuk Visa Student negara Tiongkok. Silahkan menghubungi Kedutaan Besar Negara Tiongkok di kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan untuk info lebih lanjut.

      Delete
  63. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  64. Mas mau tanya ngurus visa dimana ya...saya mau ke taiwan jalan2..pa mas tau agen travel biar saya trima beres...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah masnya tidak baca sampai selesai isi blognya hehehe semua informasinya ada kok di situ :)

      Delete
  65. mas saya dapat mutiple visa taiwan.masa berlaku 3 tahun dengan 2 bulan dari tanggal kedatangan,
    nah bisakah pas saat masuk taiwan mau hampir habis 2 bulan saya ke HK terus balik lagi ke taiwan apakah berlaku lagi 2 bulan stay ???

    Terima KAsih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf kalau untuk Multiple Entry Visa saya kurang paham peraturannya. Untuk lebih jelasnya silahkan menghubungi perwakilan Taiwan di Jakarta daripada nanti saya salah memberikan informasi.

      Delete
  66. mas,,dulu saya pernah bekerja ke taiwan sbg tki,,dan skrg mau kesana lagi maen k rmh majikan,yg mau sya tanyakan,,apa paspor saya bs di pakai

    ReplyDelete
  67. mas,,dulu saya pernah bekerja ke taiwan sbg tki,,dan skrg mau kesana lagi maen k rmh majikan,yg mau sya tanyakan,,apa paspor saya bs di pakai

    ReplyDelete
  68. mas,,dulu saya pernah bekerja ke taiwan sbg tki,,dan skrg mau kesana lagi maen k rmh majikan,yg mau sya tanyakan,,apa paspor saya bs di pakai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama pspornya masih berlaku minimal 6 bulan dari tanggal kembali lagi ke Indonesia, saya pikir paspor tersebut masih dapat dipergunakan.

      Delete
    2. apa saya harus lapor ke teto dulu kak...atau bisa langsung beli tiket d tempat tersekat?

      mksh kak

      Delete
    3. Saya pikir lapor ke TETO itu lebih baik dan lebih memberikan kepastian.

      Delete
  69. Mas kalau saya cuma petani gimana ngisi buat Keterangan sponsor ?? Pi dulu udah pernah kesana . Mksih ?

    ReplyDelete
  70. loh...katanya sudah pernah pergi berarti sudah tau dong cara dan prosedurnya :)

    ReplyDelete
  71. Mas.. Saya dan istri akan pergi maret 2016.. Tabungan selama ini di taruh di rekening istri.. Apakah bisa menggunakan rekening istri untuk pembuatan visa taiwan ini? Thanks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok mas.. Tq info nya.. Jadi kalo suami istri ke taiwan.. Jumlah saldo di rek harus 2 kali lipat juga donk ya mas? Thanks..

      Delete
  72. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  73. Mas, paspor saya udah stay 10 hari kerja di teto kok blm keluar juga yaaa ? Jadi deg deg an nich.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ditunggu saja. Kalau syarat-syaratnya sudah dipenuhi semua pasti disetujui kok.

      Delete
  74. Saya ingin memberangkatkan ibu saya ke taiwan utk berwisata, sekedar memberinya pengalaman jalan2 ke luar negri dan memang keinginan ibu saya mengunjungi taiwan. Kebetulan saudara saya banyak yg bekerja disana dan sering cerita kondisi taiwan. ibu saya seorang ibu rumah tangga biasa. Klo soal tabungan saya rasa ibu saya ckup utk skedar apply visa. Yg mau saya tanyakan apa setiap travel agency bisa membantu ibu saya apply visa
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau travel agency nya mempunyai bagian pengurusan dokumen, mereka pasti bisa membantu untuk pengurusan visa. Saya tidak tahu Anda tinggal di kota mana. Saya sarankan untuk menghubungi travel agency besar di kota Anda dan mereka pasti melayani untuk pengurusan dokumen seperti visa.

      Delete
  75. Mas....saia kerja ditaiwn informal bulan depan more Habis kontrak...rencna saia nanti pas pulang ke Indo Jln jln dulu ke Korea 1 minggu trus pulang ke indo.. bisa gak ya?... klu bisa apa yg perlu disiapkan.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu saja bisa yang penting visanya masih berlaku. Yang perlu dipersiapkan tentunya paspor dan visa yang masih berlaku, tiket serta dana yang cukup.

      Delete
  76. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  77. mas saya tki di taiwan saya mau berlibur ke hongkong apa bisa mas dan gumana caraya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa saja, kenapa tidak? caranya ya Anda harus beli tiket dan mengurus visa untuk masuk ke Taiwan.

      Delete
  78. mas sy tkw hk..cuti nanti rencananya sy mau liburan k taiwan..pas th ini genap 5th saya plg dr taiwan tp dulu sy kburan..yg sy tanyakan apa nanti sy bs lolos d imigrasi bandara taiwan..mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lolos atau tidaknya tergantung dari dokumen yang Anda miliki serta visa yang berlaku tentunya.

      Delete
    2. berarti sidik jari sy yg dulu sudah terhapus..sy ad paspor kontrak krj visa kerja hongkong..n ini mau ngurus visa turis sm tiket pp

      Delete
    3. berarti sidik jari sy yg dulu sudah terhapus..sy ad paspor kontrak krj visa kerja hongkong..n ini mau ngurus visa turis sm tiket pp

      Delete
  79. Mas mau tanya temenku udh selesai tetoan tapi visane katane dibaklis pdhl dia bkn kburan n blk pabrik lagi kira2 bsa diurus g ya n biyayane brp klu bsa itu tujuan taiwan n dia bingung g tau apa kesalahanya dia kok bsa sampaik di baiklist tak tunggu jawabanya mksh

    ReplyDelete
  80. Kalau untuk hal tersebut mungkin Anda bisa menghubungi TETO untuk menanyakan langsung karena saya tidak mempunyai info untuk hal tersebut.

    ReplyDelete
  81. mas saya tki ditaiwan ,,,, habis kontrak saya plg indo ,,,, tpi pesawat ya dari taiwan translet dihongkong pettayaan saya bisa gak langsung pulang pergi jalan2 dihongkong dulu atau keluar dari bandara hongkong dulu trus jalan2

    ReplyDelete
  82. mas aku mau tanya apakah sayarat pengajuan pembuatan visa china dan taiwan harus ada fotocopy saldo rekening minimal 50 juta ya?ini perjalanan kantor bukan perjalanan turis. mohon pencerahannya. makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk perjalanan kantor mungkin menggunakan visa bisnis bukan visa turis. Yang khusus dibahas di sini adalah untuk visa turis.Anda bisa menghubungi perwakilan TETO langsung untuk persyaratan visa bisnis.

      Delete
    2. Hallo mas saya mau nanya!!saya dulu pernah bekerja di taiwan tapi saya kabur. Saya baru pulang tahun kemarin. Kalau saya ingin kembali lagi kesana dengan pake visa turis bisa nggak ya??terus di bandara nya kena sidik jari nggak ya??
      Makasih

      Delete
  83. mas aku mau tanya,,saya sedang di taiwan,,dapat visa untuk stay visa yg 30 hari,,kalau seandainya saya stayy di taiwan lebih dari 30 hari (misalnya lebih 2 hari), apa saya dikenakan denda oleh pihak imigrasi taiwan?karena saya salah beli tiket balik ke indo,,tanggalnya melebihi 2 hari dari masa expired visa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anda akan dikenakan biaya overstay yang dihitung per hari jika masa tinggal melebihi dari tanggal yang telah ditentukan. Cuma saya tidak tahu berapa biaya overstay per harinya.

      Delete
  84. Mas saya mantan
    Tki kaburan ditaiwan karna dulu tidak betah kerja di bos saya dan sudah hampir 2 taun drumah.
    Apakah saya bisa mengajukan visa turis untuk jalan 2 ketaiwan?

    ReplyDelete
  85. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  86. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  87. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  88. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  89. MBAK,MAU TANYA SEKARANG KALAU KE TAIWAN APA SUDAH BEBAS VISA ?

    ReplyDelete
  90. kak mau nanya, atasan saya mau ke taiwan lalu apa bener bisa saya pakai visa jepang yan g waiver dengan sertifikat ROC itu? saya ke taiwan dari singapore menggunakan scoot apa bisa hanya itu aja pas diimigran?
    soalnya saya telfon ke dutaan taiwan yang di jakarta hanya itu aja namun dia bilang untuk konfirmasi ke maskapai apa bisa hanya menggunakan itu,sedangkan saya telfon ke maskapai tiger air itu kalau maskapai tidak ada dokumen2 seperti itu hanya perlu tiket aja jadi kaya lembar lembaran ka
    ini saya kan ngurusin punya atasan saya , jd tanggung jawab saya besar sekali
    mohon bantuan ya kak
    kak tolong bantuannya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika mempunyai visa Jepang yang masih valid maka kita tidak perlu mengajukan visa turis untuk berwisata ke Taiwan alias bebas visa. Namun kita tetap harus apply secara online untuk mendapatkan yang namanya ROC Travel Authorization Certificate yg biasanya akan langsung diapprove. Certificate yg sudah diapprove tsb diprint dan dibawa pada saat berangkat.

      Delete
  91. Mff maz saya mw tanya??
    Kalau kita mau mengajukan visa emng harus ada srat dri perusahaan dimana kita bekerja ya..kalau seumpama gk bekerja atw gk pnya usha sndrii gimana,bisa nggak mas kira2 mengajukan visa,lalu minimal berapa uang yg ada di rekening koran itu??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba. Persyaratannya harus melampirkan surat keterangan dari tempat kita bekerja. Kalau tidak bekerja atau usaha sendiri cukup membuat surat pernyataan bahwa kita usaha sendiri dan kita adalah pemiliknya dengan melampirkan SIUPP. Minimal saldo yang ada di rekening bank tidak disyaratkan secara pasti yg penting saldonya mencukupi untuk biaya hidup selama kita berada di Taiwan.

      Delete
    2. Owh iya mas kalau misal kita tour ke cina dlu truz ke taiwan itu gimana visa nya ya,apa tetap ikut visa china itu apa jg mengajukan visa lagi buat ke taiwan. Mksih

      Delete
    3. Maaf mas,bisa nggak saya minta alamat tour yang resmi,dmna mas dlu proses buat pergi ke taiwan,soal nya dlu temen saya pernah ke tipu.
      Mksih

      Delete
    4. Owh iya mas kalau misal kita tour ke cina dlu truz ke taiwan itu gimana visa nya ya,apa tetap ikut visa china itu apa jg mengajukan visa lagi buat ke taiwan. Mksih

      Delete
    5. Visa Taiwan tetap harus diajukan karena Visa China dan Visa Taiwan berbeda. Alamat travel agentnya sudah tercantum pada tulisan saya di blog di atas. Coba deh dibaca lagi.

      Delete
  92. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  93. Mau tanya saya pernah ketaiwan sebagai TKI selama 11 thn 11bln 21 hari.tahun 2015 plg dan kemarin 2016 Bln 5 saya proses lagi dan sampai Taiwan dipulangkan sempat kerja 2 minggu.,kalau UUD tidak boleh lebih 12 thn kenapa pihak teto mengeluarkan visa dengan masa kontrak 3 tahun.,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf pak untuk visa kerja saya kurang paham karena yang saya bahas di sini untuk visa turis. Mungkin Bapak bisa menghubungi TETO langsung untuk mengetahui jawabannya.

      Delete
    2. Saya warga indonesia yang baru kawin warga malaysia. Saya dan adik perempuan saya mau jalan-jalan ketaiwan lewat malaysia harus minta visa embassy taiwan dimalaysia atau diindonesia ? Terima kasih

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
  94. Saya mau nanya tolong di jawab mas
    Saya rencana nya bulan depan mau ke taiwan mau jenguk sodara di sana
    Menurut yg saya tau persyaratan ke sana ituh hanya paspor umum, melain kan taiwan bebas visa apa btul,
    Dan satu lagi apa kah saya bisa ke taiwan dengan modal paspor doang ?
    Atau saya harus pake visa turis ? Brapa hari kerja?
    Dan visa bebas kunjungan berlaku 30 hri, setelah lebih ? Apakah ada tanggungan nya? Atau setelah lebih saya di cari oleh pihak berwajib taiwan
    Kasih tau saya persyaratan untuk membuat visa turis, dan saya hanya bermodal kan 3 juta , termasuk tiket pulang dan pergi, apakah bisa di approve, soal nya yg ngurusin tanggungan hidup saya ituh temen saya . tolong bls
    Plis

    ReplyDelete
  95. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  96. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  97. saya dapet kerja waiter di restaurant ala paris dhongkog
    apakah ad visa krja formal di hogkog..?
    karena saya baca artikel . hogkong hanya tersedia visa kerja informal

    ReplyDelete
  98. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  99. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  100. Mas. Mau tanya ni sebelumnya. Katanya ada beberapa negara yang saat ini sudah bebas Visa, itu termasuk di taiwan juga ya mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk kunjungan wisata ke Taiwan tetap dibutuhkan visa.

      Delete
  101. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  102. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  103. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  104. Saya warga indonesia yg baru kawin warga malaysia, sekeluarga ingin jalan -jalan ke taiwan selama seminggu. Yg ingin saya tanyakan kalau saya dan adik mau urus visa di embassy taiwan dimalaysia atau di indonesia, tiket berangkatnya dari malaysia, jd gimana ya ? Terima kasih

    ReplyDelete